Gejala dan cara Menurunkan Asam Urat beserta Pencegahannya

BIRONESW.com – Penyakit asam urat adalah penyakit yang timbul akibat peningkatan kadar asam urat dalam darah sampai melebihi batas normal. Dimana kadar normal yaitu 7,0 sampai 7,2 miligram perdesiliter (mg/dl) bagi laki – laki, dan 5,7 sampai 6,7 mg/dl pada perempuan. Kelebihan asam urat ini kemudian menumpuk dalam ruang sendi dan menyebabkan gangguan dan peradangan pada jaringan sendi yang akan menyebabkan nyeri.

Peningkatan Asam urat berawal dari meningkatnya kadar zat kimia purin dalam tubuh. Zat purin sebenarnya diproduksi secara alami oleh tubuh manusia dan juga berasal dari makanan-makanan yang konsumsi. Nah, Ketika tubuh tidak bisa memproses purin secara optimal, hal itu akan mengakibatkan produksi berlebih asam urat di dalam darah.

Untuk itu kita harus mengenal jenis-jenis makanan yang memiliki kadar zat purin yang tinggi dan patut dihindari bagi penderita penyakit asam urat.

Jenis makanan dengan kadar purin tinggi antara lain : Kerang, ikan teri, daging ikan tuna, jeroan, daging Kalkun, daging kambing atau domba, daging babi, daging sapi muda, bahkan ditemukan dibeberapa jenis sayuran seperti asparagus, jamur, dan bayam, kembang kol, kacang polong

Beberapa jenis obat juga mengandung zat purin tinggi dan berisiko meningkatkan kadar asam urat. Contoh obat jenis ini adalah obat diuretik untuk melancarkan buang air kecil, yaitu furosemid dan hidroklorothiazid

Gejala Penyakit Asam Urat

Berikut beberapa gejala penyakit asam urat yang biasa terjadi, antara lain :

  • Muncul rasa kaku dan pegal disekitar sendi dan otot sendi
  • Sendi mulai terasa sakit tanpa dibarengi aktivitas fisik berat
  • Kesulitan untuk berjalan diakibatkan nyeri sendi yang sangat, khususnya di malam hari.
  • Rasa nyeri akan semakin kuat disertai pembengkakan, rasa panas disekitar sendi.

Cara Menurunkan Asam Urat

 

Obat Asam Urat di Apotik

Ada beberapa pilihan obat asam urat yang bisa Anda coba, dari yang alami hingga obat-obatan medis. Prinsip kerja obat asam urat sendiri umumnya dibagi menjadi 2 cara, yakni meredakan rasa sakit dan mengurangi penumpukan kadar asam urat di dalam tubuh dengan cara dibuang melalui urine atau keringat.

Obat-obatan di apotik yang bisa Anda konsumsi buat pengobatan Asam urat diantaranya :

1. Obat Allopurinol

2. Obat Febuxostat

3. Obat Probenecid

semua obat diatas tersedia di jaringan apotik di Indonesia.

Menurunkan Asam Urat secara Alami

Ada beberapa makanan direkomendasikan yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan menghilangkan nyeri yang timbul akibat penyakit ini. Antara lain :

1. Konsumsi makanan tinggi serat

Kecukupan konsumsi serat tiap hari dikenal bagian dari penerapan pola hidup sehat. Fungsi serat adalah mengoptimalkan fungsi pencernaan sehingga effektiv memaksimalkan membuang kelebihan asam urat, menyeimbangkan kadar gula juga insulin dalam tubuh. Makanan tinggi serat antara lain : Alpukat, buah pir, Gandum

2. Buah Apel

Di dalam buah apel terdapat kandungan yang dinamakan dengan zat asam malat yang bisa membantu menetralkan kandungan asam urat di dalam tubuh. zat asam malat juga membantu membuang asam urat melalui urin di dalam tubuh.

3. Mentimun

Mentimun memiliki sifat bersifat diuretik alias peluruh kencing yang berperan untuk membuang kelebihan asam urat. Dengan aktivitas proses kencing yang meningkat akan seiring juga dengan pembuangan kadar asam urat dari dalam tubuh.

4. Seledri

Seledri mengandung banyak zat yang bermanfaat seperti Apigen, Phthalides, Matinol dan apiin yang bersifat diuretik. Selain itu, seledri juga mengandung Fitosterol, Magnesium dan zat lainnya.

5. Brotowali

Penelitian pada 2017 yang dipublikasikan di Pyhto Journal, mengungkap bahwa sari batang brotowali efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Orang mengkonsumsi dengan cara merebus batangnya, lalu diminum air rebusannya.

6. Jahe merah

Jahe merah adalah tanaman herbal yang memiliki khasiat anti peradangan. Oleh sebab itu, jahe merah dianggap dapat membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah.

7. Kumis kucing

Tanaman ini telah dikenal sebagai penghancur batu di ginjal atau saluran kencing. Sifat diuretiknya juga dapat membantu membuang asam urat berlebih melalui kencing.

8. Buah Ceri

Mengkonsumsi ceri ternyata juga dapat mengurangi serangan asam urat. Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa mengkonsumsi ceri selama 2 hari dapat menurunkan asam urat sebesar 35%.

9. Bawang putih

Bawang putih mengandung antioksidan yang mampu mengontrol produksi purin dalam tubuh. Hal itu yang menyebabkan konsumsi bawang putih dapat mengontrol purin sebagai penyebab meningkatnya kadar asam urat.

10. Wedang Secang

Senyawa aktif dalam kayu secang mampu menghambat produksi asam urat dalam tubuh. Senyawa aktif itu mengandung resin, resorsin, brazilin, d-alfa phallandrne, oscimenen, dan minyak asiri.

11. Lemon

Lemon dalam sebuah Jurnal Medis British diyakini dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. jurnal tersebut menyatakan mengkonsumsi lemon membuat tubuh melepaskan lebih banyak kalsium karbonat.

Kalsium dalam lemon akan mengikat asam urat dan memecahnya menjadi senyawa lain. Efeknya, kadar asam urat di dalam tubuh menjadi berkurang.
buah lemon

Na

IKUTI & BACA BERITA BIRONEWS.COM di GOOGLE NEWS