Mobil Thar asal India “diancam” Jeep Wrangler, namun sangat dinanti di Indonesia

BIRONEWS.com – Seperti yang sudah diketahui masyarakat otomotif Dunia, pada tahun 2020 India telah meluncurkan produk mobil SUV sejenis jeep terbaru yang dinamakan Thar seharga 9,80 lakh rupee (Rp199 juta) hingga 12,49 lakh rupee (Rp253 juta) untuk varian tertingginya. Produk baru tersebut mempunyai tampilan seperti Jeep Wangler buatan Amerika yang saat ini dibanderol dengan harga jual diatas 1 miliar.

Bahkan dikabarkan perusaahan Jeep Wrangler asal Amerika telah bersiap dan mengancam mengajukan tuntutan hukum bila mobil buatan perusahaan Mahindra asal India tersebut dijual ke pasar global. Masalahnya menurut Jeep Wrangler, mobil buatan Mahindra itu sangat mirip dengan Jeep Wrangler buatan mereka dan menuduh perusahaan Mahindra melakukan plagiat terhadap produk mereka.

sampai saat ini belum ada satupun penjualan mobil Thar asal india di pasar global karena kemelut yang terjadi.

 

Mobil Thar

Mobil Thar sendiri memang sangat menggoda pasar otomotif dunia dan juga Indonesia, terlebih lagi para pencinta mobil jenis “jeep Wrangler”. Dengan Tampang mobil yang gagah, body yang sporty ditambah dengan nilai jual yang jauh dari pesaingnya tentunya akan menjadi faktor paling berpengaruh menjadi daya goda kesuksesan penjualan mobil tersebut.

Bahkan setelah diluncurkan resmi pada 2 oktober 2020 di India, pemesanan mobil Mahindra Thar dilaporkan tembus diangka 9.000 unit hanya dalam tempo 4 hari.

Mahindra Thar dijual dalam dua opsi mesin yakni diesel 2.200 cc dan bensin 2.000cc. Keduanya sama-sama menawarkan transmisi 6 kecepatan manual atau 6 kecepatan otomatis.

Di sektor dapur pacu, Thar mesin bensin menggunakan 2.0 liter mStallion 150 TGDI yang menghasilkan daya 150 bhp (152 hp) pada 5.000 rpm dan torsi 320 Nm antara rpm 1.500-3.000.

Dan untuk mesin dieselnya adalah 2.2 liter mHawk 130 yang menghasilkan 130 bhp (131,8 hp) pada 3.750 rpm dan torsi puncak 300 Nm antara rpm 1.600-2.800 rpm.

Kini semua masih menanti kelanjutan dari perselisihan dagang antara produsen mobil dari India dan perusahan mobil asal Amerika tersebut.

Bagi pencinta otomotif Indonesia tentunya akan sangat diuntungkan bila Thar bisa masuk Pasar Indonesia. Harga yang jauh lebih murah sangat menggoda pasar SUV jenis Jeep di Indonesia yang lumayan besar.

IKUTI & BACA BERITA BIRONEWS.COM di GOOGLE NEWS