BPPT Berhasil Kembangkan Teknologi Pendeteksi Tsunami berbasis Buoy system

  • Whatsapp

Berita Tsunami Terkini — Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dikenal dengan BPPT telah mengembangkan suatu teknologi alat peringatan deteksi dini tsunami. Alat tersebut adalah teknologi observasi berbasis platform buoy (InaBuoy), Indonesia Cable Based Tsunameter (InaCBT), dan Indonesia Coastal Acoustic Tomography (InaCAT). Hal ini dilakukan didalam mendukung program nasional Indonesia Tsunami Early Warning System (InaTEWS) untuk meminimaze terjadinya effek bencana.

Alat Buoy sendiri dibuat terdiri dari dua komponen yaitu Ocean Bottom Unit (OBU) yang terletak dan berada di dasar laut dimana alat tersebut memiliki berfungsi sebagai sensor muka air laut (pressure sensor) yaitu menganalisa perubahan ketinggian dan tekanan air laut dan berfungsi sebagai tsunameter. Dan Surface Buoy yaitu sebuah alat yang berada mengambang di permukaan. Surface buoy sendiri mempunyai peranan sebagai stasiun relay untuk pengiriman data hasil pengukuran pressure sensor ke stasiun penerima menggunakan media satelit

Bacaan Lainnya

 

Buoy BPPT  mulai dibangun secara bertahap yaitu dimulai pada tahun 2019 dan direncanakan sampai dengan tahun 2024.

Keseluruhan system Deteksi dini Tsunami direncanakan beroperasi di 13 (tiga belas) lokasi meliputi: Selatan Selat Sunda (Buoy SUN), Perairan Anak Krakatau (Buoy GAK), Perairan Selatan Malang (Buoy MLG) Perairan Selatan Cilacap (Buoy CXP), Perairan selatan Bali (Buoy DPS), Perairan Utara Sulawesi (Buoy GTO) Perairan NTT Bagian Timur (Buoy KPG), Perairan Maluku (Buoy AMB), Perairan Sorong (Buoy SON), Perairan Talaud (Buoy TAL),  dan Perairan Utara Papua (Buoy DJJ).

Pada 7-8 Maret 2021, BPPT menggunakan KR Baruna Jaya IV telah melakukan pemasangan (deployment) InaBuoy Malang. Deployment sistem InaBuoy ini diawali dengan survei penentuan lokasi dengan survei pemetaan multibeam, sub bottom profiler dan pengambilan sampel sedimen.

Selanjutnya survei deployment OBU dan dilanjutkan kegiatan komunikasi dengan OBU guna memverifikasi data pressure sensor OBU serta mendapatkan posisi fix OBU di dasar laut. Deployment surface buoy dilaksanakan sehari kemudian setelah data pressure sensor OBU dan posisi fix OBU sudah terverifikasi. Sistem InaBuoy ini telah aktif berfungsi, yang mana data pressure sensor OBU telah diterima oleh surface buoy menggunakan media akustik dan diteruskan dari surface buoy ke InaTalk menggunakan media satelit. Posisi InaBuoy berjarak sekitar 138Km di selatan kota Malang Jawa Timur, tepatnya pada koordinat (112d31’34”E, 9d11’41”S) dan OBU berada di kedalaman sekitar 2000m.

Pos terkait