Apa itu Fenomena Okultasi Mars

Apa itu Okultasi Mars?

Sebelum kita membahas Okultasi Mars sebelumnya kita harus membahas fenemona Okultasi yang disebabkan oleh orbit Bulan.

Bacaan Lainnya

Apa Itu Okultasi Bulan? Bulan pada prinsipnya selalu bergerak di sepanjang orbitnya, terkadang garis orbit membuat bulan menghalangi pandangan benda lain diluar angkasa. Nah fenomena ini disebut okultasi bulan.

Fenomena ini disebut juga Okultasi Lunar yakni ketika benda langit seperti planet, matahari dan bintang terhalang oleh bulan.

Bulan adalah benda angkasa yang paling dan sangat dekat dengan Bumi sehingga ai dapat menyembunyikan segala jenis objek luar angkasa yang tampak jauh lebih kecil dipandang dari Bumi.

Nah Bagaimana Okultasi Mars oleh Bulan Terjadi? Okultasi Mars oleh Bulan merupakan fenomena astronomi ketika orbit Mars melintas di belakang Bulan sehingga tampak tertutup ketika dilihat dari Bumi.

Hal itu dikarenakan jarak Mars ke Bumi lebih jauh dibandingkan dengan jarak Bumi ke Bulan, demikian seperti dikutip Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Namun Okultasi Mars oleh Bulan hanya terlihat dari sebagian kecil permukaan bumi. Karena Bulan lebih dekat ke Bumi daripada benda langit lainnya, posisi tepatnya di langit berbeda-beda bergantung pada lokasi persis Anda di Bumi karena paralaks sudut pandang yang besar. Jadi tidak semua daerah bisa menyaksikan fenomena yang langka ini.

 

IKUTI & BACA BERITA BIRONEWS.COM di GOOGLE NEWS

Pos terkait