17 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa!

  • Whatsapp

Film perang Terbaik Sepanjang Masa – Film perang terbaik yang menyajikan kisah pertempuran dan diangkat dari peristiwa sejarah merupakan favorit banyak para pencinta film bergenre perang.

Namun Film yang tidak didasari kisah nyata, namun mampu membawa penonton kedalam “suasana era perang” yang pernah terjadi di waktu lampau juga bisa menjadi pilihan terbaik.

Bacaan Lainnya

Kisah konflik, fakta sejarah, aksi adu strategi, pertempuran dengan senjata, kematian dibalut dengan sisi persaudaraan dan kemanusiaan jadi hal inti dari genre film perang.

Nah untuk Anda yang sedang mencari film-film apa saja yang direkomendasikan, berikut Film Perang Terbaik sepanjang masa yang wajib di tonton.

Daftar list Film Perang Terbaik

 

1. “Saving Private Ryan” (1998)

Film Perang ini terpilih sebagai film perang terbaik yang pernah dibuat,  bercerita tentang kisah penjemputan seorang tentara amerika bernama “Ryan” dimasa perang dunia ke 2 yang harus dievakuasi dari belakang garis musuh karena seluruh kaka adiknya telah tewas dalam pertempuran. Film dimulai dari adegan pendaratan pasukan amerika di pantari Normandia perancis didalam misi perang melawan nazi jerman.

Sebuah regu militer khusus yang terdiri dari delapan orang  ditugaskan untuk menyelamatkan Ryan belakang garis tempur Jerman, karena pemerintah Amerika tidak mau seluruh keluarga tersebut tewas dimedan perang karena tinggal menyisakan ibu yang hidup seorang diri.

 

2. “Pearl Harbor” (2001)

Film ini  bercerita tentang kisah nyata serangan bom yang dilepaskan oleh militer Jepang ke pangkalan militer Amerika Serikat di Hawai.  Serangan itu sangat mengejutkan Amerika serikat dan membuat hampir separuh kekuatan laut Amerika hancur.

Setelah penyerangan tersebut, negara Amerika memiliki tekad yang sangat kuat untuk menghancurkan pihak jepang. Sebelum pada akhirnya amerika memutuskan menjatuhkan 2 bom nuklir di Hiroshima dan Nagasaki.

Semua serangan-serangan tersebut diceritakan didalam alur cerita di film ini dengan baik.

Film ini menjadi salah satu pilihan Film Perang Terbaik karena dianggap berhasil mewakili sejarah perang pacifik yang sangat terkenal.

 

3. “Platoon” (1986)

Film perang berlatar belakang era perang Vietnam, dimana seorang pria muda Amerika yang karena panggilan patriotismenya mendafar secara sukarela menjadi tentara. Namun seiring perjalanan kisah selama berada di vietnam, rasa patriotisme pemuda tersebut berubah berbalik menjadi rasa simpati terhadap penduduk dan rakyat vietnam.

Aksi menegangkan perang di hutan vietnam mewarnai alur cerita dalam film ini.

Film ini dipilih menjadi Film Perang Terbaik karena juga dianggap berhasil mewakili kisah sejarah perang vietnam yang menjadi satu-satunya kegagalan militer amerika didalam konflik dan perang.

 

4. “Band Of Brother” (2001)

Film  thiler berlatar Perang Dunia 2, berkisah tentang kejadian nyata dari pasukan terjun payung amerika serikat yang ditugaskan dalam misi pembuka serangan di eropa. Usaha tentara amerika serikat menjajaki tanah Eropa dalam rangka memukul mundur pasukan Jerman menjadi alur cerita dan sangat detail diceritakan oleh film perang yang menjadi salah satu yang terbaik ini.

Kisah tentang kebanggaan prajurit, kebersamaan, persaudaraan antar prajurit dan dibarengi dengan rasa kesedihan, rasa kehilangan dan  frustasi sangat mengena bagi yang menonton salah satu film perang terbaik ini.

 

5. “Black Hawk Down” (2001)

Diambil dari kisah nyata ketika tentara AS mengirimkan pasukan khususnya ke Mogadishu, Somalia pada tahun 1993.

Berawal dari misi penangkapan kepala pemberontak milisi yang  berubah menjadi bencana ketika helikopter pengangkut pasukan terjatuh dan pasukan darat juga ikut terjebak dan terkepung oleh ribuan milisi. Komandan pasukan AS kemudian mengirimkan pasukan evakuasi dan rescue yang pada akhirnya pimpinan tentara Amerika serikat tersebut meminta bantuan pasukan PBB untuk membantu pengevakuasian pasukannya dari garis musuh.

Film ini dipilih sebagai Film perang modern terbaik yang berhasil memvisualisasikan adegan perang di pertempuran era modern.

 

6. “Midway” (2019)

Salah satu lagi film perang dunia II terbaik antara amerika versus jepang. Film ini bercerita tentang  kisah awal mula peperangan antara Amerika Serikat melawan Jepang. Dimana pada awal nya Jepang menyerang pangkalan militer Amerika di pearl habour yang kemudian memicu aksi balasan yang patriotik negara Amerika serikat. Sampai akhirnya terjadilah pertempuran Midway yang merupakan titik terpenting kemenangan Amerika terhadap Jepang pada perang dunia ke II.

Dalam film ini dikisahkan beberapa sudut pandang baik dari pihak tentara Amerika maupun tentara Jepang yang merupakan fakta sejarah dalam perang Amerika – Jepang.

 

7. “Red Tails” (2012)

Film berlatar perang dunia II tepatnya tahun 1944, saat itu Amerika serikat berusaha keras untuk memenangkan perang  terutama peperangan udara melawan Nazi Jerman.

Dan pada tahun-tahun awal ini Amerika akhirnya memutuskan memakai pilot-pilot berkulit hitam yang pada era-era sebelumnya tidak pernah dipakai dalam angkatan udara amerika serikat.

Film ini menceritakan tentang aksi heroik sekelompok pilot berkulit hitam  yang menunjukan keberanian  dan dedikasi tinggi dalam meperjuangkan negara dan hak kebebasan mereka sebagai warga amerika.

 

8. “The Thin Red Line” (1998)

Film ini bercerita tentang kisah perang tentara amerika dengan jepang terutama mengeksplorasi gaya dan strategi perang yang digunakan oleh infanteri Jepang selama peperangan di pulau-pulau pasifik yang dijadikan basis pertahanan mereka. Film ini menggambarkan emosi dan frustasi yang dirasakan oleh tentara Amerika saat menghadapi lawan yang mereka tidak mereka belum pernah hadapi.

 

9. “Dunkirk” (2017)

Satu lagi film perang terbaik berdasar kisah nyata yang pernah terjadi. Film ini bercerita tentang penyelamatan puluhan ribu pasukan Inggris yang terjebak dan terdampar di pinggir laut karena tekanan bertubi-tubi pasukan Nazi Jerman yang berhasil menukul mundur pasukan inggris sampai ke wilayah kota tepi laut bernama Dunkirk

Setelah didesak dan pasukan musuh mengepung mereka, maka misi penyelamatan puluhan ribu pasukan melalui laut direncanakan Inggris untuk menghindari penghancuran total pasukannya yang mendarat di benua eropa.

 

10. “1917” (2019)

Film ini mengambil latar belakang tentang masa perang dunia I, dimana dua orang tentara inggris ditugaskan untuk menyampaikan pesan  kepada  pasukan yang terpisah jalur komunikasinya melewati wilayah musuh yaitu tentara Jerman. Pesan tersebut bertujuan untuk menghentikan rencana serangan, karena hal tersebut merupakan jebakan jerman yang berpotensi mengakibatkan kematian 1.600 prajurit di kalangan sendiri. Salah satu tentara yang ditugaskan mempunyai kakak kandung yang bertugas di pasukan yang terpisah tersebut.

 

11. “Downfall” (2004)

Film ini berkisah seputar hari-hari terakhir keruntuhan rezim Nazi Jerman dan terutama hari-hari terakhir sebelum pemimpin mereka Adolf hitler tewas bunuh diri bersama kekasihnya Eva di tahun 1945.

Film ini sungguh membuat kita ikut masuk kedalam suasanaketegangan akan berakhirnya kejayaan Nazi Jerman yang saat itu merupakan rezim yang menjadi musuh nomer satu dunia.

 

12. “Fury” (2014)

Film yang mengkisahkan tentang perjuangan sekumpulan tentara tank Amerika di era perang dunia ke 2 melawan Nazi Jerman. Dengan mengendarai tank mereka terus maju ke wilayah musuh sampai akhirnya tank tersebut rusak total setelah menghancurkan banyak tank dan alteleri musuh.

Walau kisah film ini berakhir sedih, namun hal itu menamkan nilai-nilai perjuangan dan pengorbanan terhadap bela negara bagi siapapun yang menontonnya.

 

13. “Letter from Iwojima” (2006)

Menceritakan tentang kisah pertempuran Iwo Jima antara pasukan Amerika Serikat dan tentara Kekaisaran Jepang selama Perang Dunia II dari sudut pandang para tentara Jepang yang berperang.

Semangat tempur mereka yang gigih, namun juga dibarengi rasa keputus asaan, penderitaan mental dan fisik membuat film ini sangat membawa penonton ikut kedalam alur cerita.

Film ini adalah salah satu film perang terbaik yang di ambil dari sudut pandang Jepang sebagai negara yang kalah dalam perang.

 

14. “Valkyrie” (2008)

Salah satu kisah nyata yang menarik dari era Perang Dunia II. Yaitu sebuah operasi diam-diam dengan sandi Valkyrie yang dijalankan oleh sejumlah perwira tinggi tentara Jerman untuk membunuh Adolf Hitler dalam upaya mengambil alih kekuasaan dan menghentikan perang.

Namun operasi yang sebenarnya hampir berhasil tersebut berubah seketika menjadi bencana bagi perwira-perwira tinggi yang ikut dalam operasi tersebut.

 

15. “Full Metal Jacket” (1987)

Didasarkan oleh novel The Short-Timers oleh Gustav Hasford. Film ini menggambarkan perang Vietnam dari sudut pandang pasukan Marinir Amerika Serikat.

Menceritakan tentang kebrutalan yang dihadapi oleh tentara muda Amerika di camp pelatihan. Film ini sangat menyentuh hati dan termasuk jajaran teratas film perang klasik.

 

16. “Inglorious Basterds” (2009)

Sebuah kisah khayal (satire) tentang keinginan menghentikan perang dunia ke II dengan cara membunuh para petinggi jerman melalui skema pemutaran film di bioskop prancis.

Dalam upaya pembunuhan oleh pihak Sekutu tersebut ternyata tidak berjalan dengan lancar, namun misi terselamatkan karena ada sekenario lain dari pihak Prancis yang berupaya membunuh para petinggi Jerman tersebut.

 

17. “The Hurt Locker” (2008)

Film karya sutradara Kathryn Bigelow yang mencerutakan tentang kerasnya perang Irak. tim penjinak bom dari Angkatan Darat Amerika yang bertugas di perang Irak. Di mulai dari kisah seorang sersan pengganti ditugaskan ke regu penjinak bom, dan kisah kerasnya perang di irak pun mulai di munculkan oleh film pemenang oscar ini.

 

 

 

Pos terkait