Anies Bakal Dipinang 2 Partai Besar walau Pilpres Masih Jauh

  • Whatsapp
Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (istimewa)

bironews.com — Pengamat politik Ujang Komarudin, menilai angin segar diprediksi akan bertiup ke arah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang.

Sebab, partai yang akan mengusung Anies adalah PKS dan Nasdem.

Bacaan Lainnya

“Sekarang memang belum terlihat, namun bisa saja partai yang mengusung Anies itu PKS dan NasDem,” ujarnya, dilansir JPNN, Selasa (13/4).

Menurut dia, ada sejumlah faktor yang menjadi dasar prediksinya. Yakni, soal kedekatan Annies dengan.

Menurutnya, meski Anies bukan kader PKS, namun keduanya direkatkan dengan kultur religius.

Kemudian, terkait dukungan dari NasDem, ia menganalisis hal itu terjadi karena politikus senior Jusuf Kalla (JK).

Nasdem itu punya Surya Paloh yang berkawan secara politik dan bisnis dengan JK,” tuturnya.

Namun, sementara itu, Ujang pun mengingatkan bahwa analisisnya itu hanya sebatas prediksi. Pasalnya, hingga saat ini belum ada kesepakatan ataupun perjanjian terkait pencapresan.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali, menyatakan jika partainya tidak akan meminang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di perhelatan Pilpres 2024 mendatang. Namun, ia mengatakan jika partainya kemungkinan besar akan mengusung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau biasa disapa Kang Emil.

“Jadi dalam proses konsolidasi ini, semua potensi-potensi kita eksploitasi dengan kewenangan partai, termasuk Pak Ridwan Kamil,” katanya di Bandung, beberapa waktu lalu.

Meski demikian, ia menegaskan opsi pengusungan Ridwan Kamil akan dibicarakan terlebih dahulu dengan pimpinan partai, Surya Paloh. Menurut dia, jika masyarakat Jabar mendukung Kang Emil maka pihaknya akan mengakomodir hal tersebut.

Pos terkait